Pengukuhan Gelar Guru Besar Ilmu Hukum Islam bagi Dekan FEBI IAIN Ponorogo

Bagikan :

Hari ini, Sabtu (02/03), telah dilaksanakan Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. dalam bidang Ilmu Hukum Islam pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo. Kegiatan Rapat Senat Terbuka IAIN Ponorogo dalam rangka pengukuhan gelar guru besar dari Dekan FEBI IAIN Ponorogo ini dilaksanakan di Graha Watoe Dhakon. Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh rektor dan wakil rektor IAIN Ponorogo beserta jajarannya, Ketua Senat dan Anggota Senat IAIN Ponorogo, Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, Kapolres Ponorogo, Kepala Kementerian Agama Ponorogo, rektor dan dekan dari beberapa perguruan tinggi, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Mengawali acara pengukuhan ini, Dr. H. Samsi, M.M, selaku Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Ponorogo, membacakan Surat Keputusan Jabatan Fungsional Guru Besar atas nama Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. Acara inti selanjutnya adalah penyampaian orasi ilmiah oleh Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. dengan judul “Membaca Turath Secara Produktif: Nalar Fiqh KH. Bahauddin Nursalim dalam Menjawab al-Masa’il Al-Fiqhiyah”. Dalam orasi ilmiah yang beliau sampaikan bahwa kontruksi pembacaan ulang Gus Baha’ terhadap Turath dalam mejawab problematika hukum islam kontemporer sangat dipengaruhi oleh dua hal, yaitu latar belakang pendidikan pesantren menjadikan Gus Baha tetap menjunjung tinggi Turath dalam menjawab berbagai persoalan yang muncul dan latar belakang Gus Baha sebagai Hafiz Al-Quran turut memberikan warna tersendiri bagi metode istinbath Gus Baha.

Memasuki acara inti yaitu pembacaan naskah pengukuhan oleh Rektor IAIN Ponorogo, Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.  Pembacaan naskan pengukuhan ini menandakan telah resminya gelar guru besar yang diberikan kepada Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. Selanjutnya Rektor IAIN Ponorogo menyampaikan dalam sambutannya bahwa ini merupakan pengukuhan guru besar ke-7 di lingkungan IAIN Ponorogo. Beliau juga memohon doa agar IAIN Ponorogo dapat terus melahirkan guru besar dan akan selalu meningkatkan kualitas pendidikan. Turut memberikan sambutan juga Kasubdit Pengembangan Akademik Diktis, Dr. Abdullah Faqih, M.A. M.Ed. dan Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M.

Acara rapat senat terbuka ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh KH. Abdussami’ Hasyim, Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Selanjutnya dilakukan pemberian cindera mata oleh FEBI IAIN Ponorogo yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Dr. Aji Damanuri, M.E.I., Wakil Dekan II, Dr. Hj. Ely Masykuroh, M.Si., Wakil Dekan III, Ridho Rokamah, M.S.I., dan Kepala Bagian Tata Usaha, Umi Maghfirotul Masyfa, M.Si. Acara ditutup dengan foto bersama dan pemberian ucapan selamat kepada Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. atas gelar tertinggi fungsional dosen yang telah diraihnya.

Berita Terkait