Sosialisasi Tugas Akhir Prodi Perbankan Syariah

Bagikan :

 

Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo mengadakan kegiatan Sosialisasi Tugas Akhir selama dua hari yaitu pada Senin, 13 Maret 2023 dan Jumat, 17 Maret 2023 bertempat di Aula Lantai 3 Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Perbankan Syariah Angkata 2020 (semester 6) yang berjumlah 222.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama yaitu pemaparan materi dan sesi kedua yaitu konsultasi. Sesi pertama yaitu pemaparan materi dalam kegiatan ini langsung disampaikan oleh Ketua Jurusan Perbankan Syariah yaitu Bapak Muhtadin Amri, M.S.Ak. dan Sekretaris Jurusan Ibu Husna Ni’matul Ulya, M.E.Sy. Sosialisasi dilaksanakan pada pertengahan semester 6 dengan harapan mahasiswa memperoleh informasi lebih awal mengenai persiapan dalam menyusun tugas akhir sehingga dapat segera menyusun proposal skripsi dan menyelesaikan skripsi dengan lebih tepat dan cepat.

Materi awal yang diberikan yaitu terkait bagaimana cara menemukan konsep atau ide penelitian. Mahasiswa dilatih untuk mampu melakukan identifikasi masalah serta menemukan research gap atau kesenjangan, baik kesenjangan literature, konseptual, waktu, populasi maupun metodologis. Selanjutnya bagaimana menuliskan ke dalam bentuk proposal secara sistematis sesuai dengan kaidah ilmiah yang bisa dilihat dalam Buku Pedoman Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo.

Sesi terakhir dalam kegiatan sosialisasi ini adalah mahasiswa dipersilahkan langsung konsultasi dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk konsultasi terkait tema, ide-ide penelitian, maupun kesulitan lain yang dihadapi dalam persiapan menyusun tugas akhir. Setelah sesi konsultasi berakhir maka kegiatan Sosialisasi Tugas Akhir Jurusan Perbankan Syariah ditutup.

Berita Terkait