ORCY : MAZAWA BERKOMPETEN DAN BERINTEGRITAS

Bagikan :

Pada tanggal 7 Oktober 2022, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) membuka acara orientasi jurusan dengan branding ORCY (Orientation Competent and Integrity of Mazawa) di aula FEBI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Ponorogo. Sedangkan ORCY dilaksanakan 2 hari semalam pada Sabtu-Minggu tanggal 8-9 Oktober di Desa Wates, Kecamatan Jenangan, Ponorogo.

Ketua Umum HMJ Mazawa, Maskur Rijal Abdillah menyampakan tujuan dari kegiatan ORCY dalam sambutannya. “Tujuannya adalah untuk mengenalkan tentang apa itu jurusan Mazawa dan apa saja yang kalian butuhkan ketika berada di kampus yang nantinya secara tidak langsung akan berdampak terhadap teman-teman peserta apa itu menjadi seorang yang benar-benar mahasiswa. Dan outputnya sudah tahu setelah kegiatan nanti” jelasnya.

Kegiatan orientasi jurusan kali ini mengambil tema ‘Terwujudnya Growth Mindset Mahasiswa Mazawa yang Berkompeten dan Berintegritas’ ORCY dibuka oleh ketua jurusan Ibu Unun Roudlotul Jannah M. Ag. Sebelum membuka kegiatan ORCY, Ibu Unun berpesan dalam sambutannya. Kegiatan ini penting agar mahasiswa baru jurusan Mazawa mendapat wawasan baru tentang jurusan Mazawa dan memantapkan niatnya untuk berproses di Mazawa. “Acara ini akan menambah banyak hal, terutama wawasan kita tentang jurusan, memperkuat ukhuwah kita, mempererat tali silaturahmi kita, berproses bersama. Bismillah, kita masuk ke IAIN, pilihan kita di FEBI, pilihan (prodi) kita Mazawa” ucapnya.

Hari pertama diisi dengan 2 materi yaitu, Antropologi Jurusan dan Analisa Diri. Dilanjutkan Malam Inagurasi yang menampilkan 5 penampilan dari para peserta. Tepat setelah Malam Inagurasi para peserta dikumpulkan untuk mengobrol dengan kakak tingkat angkatan 2017. Dalam obrolannya, diharap mahasiswa baru dan kakak tingkat dapat mengenal lebih dekat satu sama lain.

Hari kedua dimulai dengan outbond lalu dilanjut dengan penutupan. Penutupan ORCY ditutup oleh ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FEBI IAIN Ponorogo Rahman D. Prasetya. Dalam sambutannya, Rahman mengapresiasi panitia kegiatan orientasi jurusan mahasiswa baru karena hanya orientasi jurusan Mazawa lah yang menginap. “Kalau menginap, kita jadi tau kegiatan teman kita sehari-hari kayak gimana” ujarnya.

Ketua panitia ORCY, Azis Sulistyo berharap semoga setelah kegiatan tersebut para peserta dapat mengubah pola pikirnya sebagai mahasiswa dan dapat mengaplikasikan ilmu kita tak hanya dalam kampus namun juga dalam lingkungan masyarakat. “Artinya kita memiliki kompetensi yang nantinya setelah kita lulus dari IAIN dapat menularkan dan menerapkan apa yang kita pelajari di IAIN ke kehidupan masyarakat. Saya harap setelah osjur ini teman-teman dapat merubah pola pikirnya menjadi mahasiswa yang aktif, progresif, kompeten dan berintegritas” harapnya.

Berita Terkait