KEMBANGKAN GREEN ECONOMY, FEBI SUKSES GELAR KONFERENSI INTERNASIONAL

Spread the love

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo sukses menyelenggarakan Konferensi Internasional perdana, the 1st AICIE 2022 (The 1st Annual International Conference on Islamic Economics) dengan mengusung tema: “Post Pandemic Economic Recovery based on Digital Financial Inclusion and Green Economy” pada tanggal 2-3 Juni 2022 di The Sun Hotel Madiun.

Konferensi Internasional ini digelar secara hybrid dengan pelaksanaan luring bertempat di The Sun Hotel Kota Madiun dan daring melalui platform Zoom Meeting. Konferensi diikuti oleh para akademisi dan praktisi dari berbagai institusi di Indonesia dan luar negeri, dengan menghadirkan tiga panelis utama yakni YAB Prof. Dato’ Noor Inayah Yaakub, Ph.D. (President and Vice Chancellor Infrastructure University Kuala Lumpur, Malaysia), Prof. Hilman Latief, M.A, Ph.D (Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama) dan Assoc. Prof. Sutan Emir Hidayat, Ph.D (Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Hari pertama, dimulai dengan pembukaan acara secara resmi oleh Dekan FEBI IAIN Ponorogo Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. Dekan berharap konferensi internasional ini menjadi wadah bertemunya gagasan para cendekia dari berbagai institusi untuk berdiskusi dan menghasilkan kontribusi yang signifikan dalam rumpun keilmuan Ekonomi Islam. Sementara itu, Ketua Rumah Jurnal FEBI, Muchtim Humaidi, M.IRKH. yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana AICIE berharap para akademisi yang menjadi pembicara secara paralel di tiga cluster (ekonomi Islam, keuangan syariah dan filantropi) mampu memberikan gagasan, kontribusi ide dan sumbangsih yang penting dalam membantu pemulihan kondisi perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid 19.

Selesai pembukaan, acara dilanjutkan dengan sesi utama plenary session seminar bersama 3 narasumber utama yang dimoderatori langsung oleh Wakil Dekan 1, Dr. Aji Damanuri, M.E. Sesi ini disiarkan secara langsung di channel youtube Febi IAIN Ponorogo, selain dihadiri oleh seluruh peserta konferensi, baik yang hadir langsung sejumlah 56 peserta yang sekaligus presenter dan 16 presenter yang hadir secara online. Sesi utama ini sampai sore hari, dan berakhir dengan sesi tanya jawab. Acara dilanjutkan di malam hari dengan presentasi para peserta Call for Papers AICIE secara paralel di tiga ruangan berbeda berdasarkan pembagian cluster, yaitu cluster ekonomi Islam, cluster keuangan syariah dan cluster filantropi. Setelah sesi parallel selesei, setiap presenter diminta untuk melakukan revisi paper berdasarkan masukan dari masing-masing reviewer.

Output dari Call for Papers AICIE 2022 berorientasi pada publikasi di beberapa jurnal bereputasi dan prosiding. Pada sesi penutupan konferensi, tim reviewer mengumumkan pemenang untuk 5 best papers dari 3 cluster baik dari peserta yang mengikuti secara luring maupun daring. Dilanjut di hari yang kedua, para peserta AICIE dengan armada kampus diajak jalan-jalan santai melalui program ‘Campus Tour’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.