Sidang Paripurna 1 Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Rabu, 23 Juni 2021 Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo mengadakan kegiatan Sidang paripurna 1. Acara tersebut dilaksanakan di aula FEBI lantai 3 yang dimulai pada pukul 08.30. Kegiatan ini dihadiri oleh delegasi dari organisasi mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo, ketua sema fakultas se-IAIN Ponorogo, dan juga Ibu Ridho Rokamah, M. S.I selaku Wakil dekan 3 FEBI IAIN Ponorogo yang sekaligus membuka acara.Selanjutnya setelah pembukaan sidang dilanjutkan dengan pembahasan tata tertib sidang paripurna yang dipimpin oleh saudara Fahrian Fadhillah Fahmi selaku.ketua Presidiumdan wakil presidium sauadara Almas Nor Ikhwan serta sekertaris sidang saudari Pipit Septiana Sholikha. Peserta sidang terdiri dari peserta penuh dan peserta peninjau, peserta penuh terdiri dari ketua dan sekertaris 1 ormawa eksekutif dan perwakilan anggota sema sedangkan peserta peninjau terdiri dari Sekertaris 2, bendahara dan koordinator ormawa eksekutif. Peserta penuh berada disebelah kiri presidium sidang sedangkan peserta peninjau berada di sebelah kanan presidium sidang. Dalam proses pembahasan tata tertib dilakukan dengan metode pemimpin sidang membacakan draft sidang per bab kemudian ditinjau bersama untuk melakukan perubahan apabila diperlukan, dalam proses ini terjadi 2 kali lobbi dan 2 kali voting karena tidak menemukan kesepakatan.

Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan Anggaran Rumah Tangga (ART) dari jurusan ekonomi Syariah yang diwakili oleh ketua, sekertaris 1, bendahara 1 dari HMJ Ekonomi Syariah yang dipimpin oleh presidium sidang. Pada pembahasan ART ini hanya sosialisasi ART berdasarkan hasil musyawarah besar yang sebelumnya sudah dilakukan oleh para pengurus HMJ Ekonomi Syariah yang hanya proses tanya jawab tanpa ada opsi untuk merubah ART tetapi apabila ada perubahan dari ART akan dirubah dikemudian hari, proses pembahasan ART HMJ Ekonomi Syariah berlangsung selama 1 jam sampai pukul 11.57 kemudian dilakukan skorsing oleh ketua sidang untuk istirahat dan sholat.
Pukul 12.57 skorsing dicabut oleh ketua sidang kemudian dilanjut dengan pembahasan program kerja dari HMJ Ekonomi Syariah dengan metode tanya jawab seperti sebelumnya dan sekaligus pengesahan program kerja yang telah disusun oleh pengurus HMJ Ekonomi Syariah. Adapun Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan oleh HMJ Ekonomi Syariah bersifat tahunan, bulanan dan mingguan.

Selanjutnya pada pukul 13.37 WIB dilakukan pembahasan ART, dengan metode pembahasan yang berbeda dengan sebelumnya untuk efisiensi waktu, pembahasan kali ini dibaca individu dengan waktu 10 menit, kemudian ditinjau bersama dengan tanya jawab hingga selesai pukul 14.17 kemudian dilanjutnkan dengan pembahasan proker dari HMJ Perbankan Syariah, setiap devisi yang ada di HMJ Perbankan Syariah memiliki program kerja yang akan dilaksanakan selama 1 periode kepengurusan. Setelah selesai sesi tanya jawab dilanjut dengan pengesahan proker yang dipimpin oleh presidium kemudian ditanda tangani presidium, ketua dema dan sema FEBI. Dan dilanjut dengan HMJ Manajemen Zakat dan Wakaf pada pukul 14.30 WIB dengan pembahasan awal ART kemudian pembahasan program kerja, disambung dengan pembahasan ART dan Program kerja Dewan Eksekutif Mahasiswa FEBI hingga pukul 16. 15 Acara berakhir.
Acara berjalan dengan lancar, dan semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut untuk kemajuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Semoga dengan program kerja yang telah tersusun, menjadikan organisasi mahasiswa yang ada di FEBI semakin solid, kompeten dan bertanggung jawab demi kemajuan bersama.