Kuliah Tamu KPPN Madiun di IAIN Ponorogo


Jenangan,
Hari kamis, tanggal 30 Januari 2020 pukul 08.00 WIB, telah dilaksanakan kuliah tamu di ruang Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis IslamIAIN Ponorogo dengan narasumber dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Madiun. Tema kuliah tamu tersebut adalah mengawal APBN Membangun Negeri.  Sedangkan tujuan dari kuliah tamu tersebut adalah memberikan wawasan dan pemahaman kepada mahasiswa dan dosen di lingkungan FEBI IAIN Ponorogo mengenai fungsi KPPN, APBN, dan RAPBN; mendorong mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk pro aktif mensukseskan dan mengoptimalkan pelaksanaan APBN 2020. Kuliah tamu dihadiri oleh Wakil Rektor 2 IAIN Ponorogo, Dekan FEBI, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, dan Wakil dekan 3 serta Ketua Jurusan Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Manajemen Zakat dan Wakaf. Yang hadir sebagai peserta adalah dosen dan mahasiswa di lingkungan FEBI IAIN Ponorogo.

Kuliah tamu diawali dengan paparan singkat yang disampaikan oleh Ibu Kutfi Jusmintari, Kepala KPPN Madiun, mengenai fungsi dan peran APBN dan KPPN dalam kegiatan pembangunan. Beliau menyatakan bahwa pajak diarahkan tidak hanya untuk sebagai sumber penerimaan namun juga sebagai instrument untuk mendorong daya saing dan kualitas SDM Indonesia. Pemerintah akan terus menjaga kebijakan fiskal dan defisit APBN seusai aturan perundang-undangan. Fokus belanja Pemerintah Pusat adalah untuk peningkatan kualitas SDM, penguatan program perlindungan sosial, akselerasi pembangunan infrastruktur, birokrasi yang efisien,melayani, dan bebas korupsi. Oleh karena itu pengelolaan utang selalu dilakukan secara prudent dan dan profesional

Kunjungan berakhir dengan pemberian cindera mata KPPN kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo dan foto bersama dengan harapan bahwa kerja sama dan diskusi ini akan berlanjut di kemudian hari. (YR)