FEBI IAIN Ponorogo Gelar Workshop Visi Misi Tujuan Strategi (VMTS) dan Penyusunan Kurikulum bagi Prodi Manajemen Bisnis Syariah

Bagikan :

Ponorogo, 16 Februari 2024 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo mengadakan agenda workshop Visi Misi Tujuan Strategi (VMTS) & Penyusunan Kurikulum Program Studi Manajemen Bisnis Syariah pada tanggal 15-16 Februari 2024 yang bertempat di Hall Grand H.A.P Kintamani Hotel Sarangan Magetan. Kegiatan ini dihadiri oleh 41 (empatpuluh satu) orang dosen dan tenaga kependidikan serta berbagai undangan dari stakeholders. Pada hari pertama, Kamis (15/02) acara dibuka pukul 10.00 WIB yang dibuka oleh Rektor IAIN Ponorogo, Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa workshop VMTS merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi sebuah prodi baru pada perguruan tinggi sebagai dasar penyelenggaraan pendidikan di prodi tersebut. Beliau juga menyampaikan bahwa dengan adanya Prodi Manajemen Bisnis Syariah dapat menambah warna keilmuan di FEBI IAIN Ponorogo dan kedepannya diharapkan FEBI IAIN Ponorogo juga mampu mendirikan prodi yang berkaitan dengan teknologi informasi, misalnya Digital Bisnis.

Setelah pembukaan, pada siang hari acara dilanjutkan dengan diskusi dengan stakeholder guna memberikan masukan terhadap rencana VMTS Prodi Manajemen Bisnis Syariah. Adapun stakeholder yang hadir diantaranya Heru Subana, S.E (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur), Sukartini, S.Sos., M.Si. (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Magetan), Amri Aulia Rohman, S.Si. (Kepala Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Ponorogo), dan Prof. Dr. Amir Shaharuddin (Director, Centre for Academic Management, Universiti Sains Islam Malaysia). Dalam kegiatan diskusi ini dimoderatori oleh Dr. Aji Damanuri, M.E.I dan pembahasan difokuskan pada visi misi dan profil lulusan dari Prodi Manajemen Bisnis Syariah. Keempaat stakeholder tersebut memberikan banyak masukan terhadap VMTS Prodi Manajemen Bisnis Syariah diantaranya mengenai pertimbangan praktikum mahasiswa yang bekerjasama dengan dinas terkait maupun UMKM, pelatihan berbasis BNSP serta pembelajaran mahasiswa terkait halal industri.

Pada malam hari, acara diskusi dilanjutkan dengan narasumber utama yaitu Dr. Dian Indri Purnamasari, M.Si., Ak., CA dari Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta. Pada sesi pertama, dilakukan review VMTS, kurikulum, dan profil Prodi Manajemen Bisnis Syariah yang dimoderatori oleh Faruq Ahmad Futaqi, M.E., selaku Kaprodi Manajemen Bisnis Syariah. Sesi kedua membahas mengenai Kerangka Kurikulum Integrasi KKNI, MBK, OBE Prodi Manajemen Bisnis Syariah. Dari kedua sesi ini didapatkan banyak masukan dari narasumber terkait bagaimana menyusun visi misi yang baik hingga menurunkannya ke kurikulum yang sesuai dengan bidang keilmuan Manajemen Bisnis Syariah.

Hari kedua, Jumat (16/02) dilanjutkan dengan pembahasan diskusi sebelumnya yaitu Kerangka Kurikulum Integrasi KKNI, MBK, OBE Prodi Manajemen Bisnis Syariah yang lebih ditekankan dengan diskusi penyusunan CPL Prodi. Acara ditutup oleh Dekan FEBI IAIN Ponorogo, Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. pukul 10.00 WIB. Diharapkan dari hasil workshop ini segera tersusun bagaimana VMTS dan kurikulum hingga tersusunnya CPL dan RPS untuk masing-masing mata kuliah di bawah Prodi Manajemen Bisnis Syariah.

Berita Terkait