Gelar Pelatihan Public Speaking: Be A Brilliant Public Speakers for Excellent Achievement

Bagikan :

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo menggelar pelatihan public speaking pada Selasa, 30 April 2024 yang bertempat di Auditorium Lantai 4 FEBI IAIN Ponorogo.

Tema yang diangkat dalam pelatihan public speaking adalah “Be A Brilliant Public Speakers for Excellent Achievement” yang dihadiri oleh semua organisasi mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan berbicara mahasiswa, yang memiliki signifikansi besar baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus.

Acara ini dimoderatori oleh Riyan Wiji selaku mahasiswa Ekonomi Syariah dengan menghadirkan narasumber Ust. Heppy Chandrayana, M.I.Kom, yang saat ini aktif sebagai TV voice over, national motivator, public speaking coach, dan MC Istana Negara.

Sebelum masuk dalam materi, beliau memulai dengan simulasi agar para audiens fokus dan tertarik dengan pemaparannya. Beliau memaparkan 3 kunci komunikasi efektif yaitu educate (sesuatu yang baru), entertain (story telling, games, and fun) dan explain (teknik deduktif).

“Dalam public speaking kita pasti mengalami trauma, nervous, malu, takut, dan gelisah. Oleh karena itu kita membutuhkan kepercayaan diri kita, gunakan kekuatan kita, latih nafas dan vocal, serta afirmasi pada diri sendiri”, jelasnya.

Pelatihan public speaking ini mendapatkan tanggapan yang baik dari kedua pihak, baik dari narasumber maupun mahasiswa. Antusias dari mahasiswa untuk bertanya sangat banyak, salah satunya Zahra yang bertanya tentang langkah selanjutnya untuk menjadi public speakers profesional jika sudah mempunyai pengalaman selama kuliah.

Selain itu, pelatihan ini juga memberikan kesempatan bagi audiens untuk berlatih langsung melalui sesi simulasi berbicara di depan. Hal ini memungkinkan mereka untuk menerapkan teknik-teknik yang telah dipelajari dan mendapatkan umpan balik langsung dari narasumber serta rekan-rekan sesama audiens.

Sebelum acara ditutup, beliau memberi motivasi kepada mahasiswa jika kuliah memang membuat lelah, tapi jika tidak pernah kuliah, suatu hari nanti hidup kita akan jauh lebih melelahkan. Kemudian acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan sesi foto bersama.

Berita Terkait