Mazawa Delegasikan Dosen dan Mahasiswa ke UNIMAS

Bagikan :

Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo mendelegasikan 1 mahasiswa dan 1 dosen untuk mengikuti Guest Lecture di UNIMAS (Universiti Malaysia Sarawak) pada 6 Mei 2024.

Guest Lecture yang dilaksanakan pada pagi hari ini merupakan salah satu rangkaian acara pada program berjudul Short-Term Mobility Programme oleh UNIMAS. Jurusan Mazawa mendelegasikan Faezal Muhamad Nur sebagai perwakilan mahasiswa Mazawa dan Dr. Hj. Ely Masykuroh M.Si. sebagai perwakilan dosen Mazawa.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Negara Malaysia dan Indonesia. Lalu, acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan mulai Naib Konsular UNIMAS, Rektor UIN Mataraman, IAIN Ponorogo dan IAIN Pontianak. 

Acara inti, yaitu Kuliah Umum dilaksanakan setelah sesi foto bersama dan penyerahan cinderamata. Dalam sesi kuliah umum, Prof. Dr. Evi Mu’afiah M.A menyampaikan terkait penguatan relasi antara Indonesia dengan Malaysia dalam melakukan pencegahan terhadap kekerasan seksual yang terjadi di Kampus. Menurut beliau, kekerasan seksual di lingkungan kampus menjadi perhatian yang serius dan perlu adanya peningkatan ke arah yang lebih baik. Maka perlu adanya keseimbangan antara respon dan pencegahan terhadap Isu ini.

Kuliah umum selanjutnya diisi oleh  Dr. Ismail Ruslan. Beliau menyampaikan terkait Bahaum sebagai bentuk kearifan lokal dan media penyelesaian konflik masyarakat Sanggau di daerah Kalimantan Barat.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab lalu penutup. Harapan dengan adanya program ini, perguruan tinggi dapat saling bekerja sama. Dengan kerja sama ini, perguruan tinggi dapat mencapai tujuan-tujuan yang lebih baik lagi.

Berita Terkait