ORZAF 2023 Menyinkronkan Keilmuan Jurusan dengan Peran Mahasiswa

Bagikan :

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo menyelenggarakan ORZAF (Orientasi Zakat dan Wakaf) pada hari Sabtu-Minggu, 16-17 September 2023 di Balai Desa Sedah, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo.

Acara yang diselenggarakan sebagai ajang pengenalan jurusan tersebut dilaksanakan selama dua hari dan memuat 2 materi, yaitu Antropologi Jurusan dan Analisa Diri. Tak hanya materi, acara ini juga memfasilitasi peserta untuk mengekspresikan diri mereka melalui pentas seni, diskusi kelompok dan presentasi.

Selain itu, ORZAF juga menguatkan hubungan antara maba dengan peserta lewat kegiatan di luar ruangan (outing) berupa senam bersama. Sedangkan untuk menyambung silaturahmi antara maba dengan demisioner, HMJ Mazawa menyisipkan Anjangsana di dalamnya.

Tema kegiatan ini adalah “Sinkronisasi Keilmuan dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa Mazawa yang Organisatoris dan Responsif”. Tema tersebut memiliki maksud dan tujuan diadakannya ORZAF. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum HMJ Mazawa, Muhammad Ikhwan Hafizuddin dalam wawancara. “Mahasiswa baru (maba) Mazawa bisa memiliki jiwa yang responsif terhadap tantangan sosial, etis dan budaya serta memiliki kemampuan organisasi” jelasnya.

Selain itu, Ikhwan juga menambahkan, ORZAF diharap menjadi tempat berlatih maba untuk berbicara di depan umum (public speaking) serta mengetahui keterkaitan jurusan mereka terhadap bidang kelimuan yang lain. “Untuk memudahkan dalam berbicara. Maksud saya adalah di suatu pendidikan di perguruan tinggi tidak hanya sebatas memasukkan pengetahuan akademik ke dalam pikiran mahasiswa. Tetapi juga memadukan nilai-nilai, etika, dan keterampilan organisasi yang baik.  Intinya maba Mazawa bisa lebih aktif untuk berorganisasi dan bisa memadukan antara ilmu satu dengan ilmu yang lainnya menjadi lebih baik” tukasnya

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FEBI, Bayu Rizal Affandi berpesan kepada maba untuk terus termotivasi menyelesaikan studi mereka. “Saya harap kalian dapat menyelesaikan tanggung jawab yang telah kalian ambil” pesan Bayu dalam sambutan pembukaan ORZAF.

Terakhir, Ketua Pelaksana ORZAF Giovani Ridho Fabiardi menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan acara ORZAF HMJ Mazawa. “Saya mewakili seluruh panitia mengucapkan terima kasih dan mohon maaf atas kesalahan kami. Terkhusus kepada Kepala Desa Sedah. Semoga acara ORZAF kali ini dapat memberi manfaat kepada maba Mazawa” ucapnya.

Berita Terkait