Mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Ponorogo Berpraktik Pembiayaan Bank Syariah Melalui Mata Kuliah Praktik Mikro Bank Syariah

Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo terlibat dalam pengalaman praktik lapangan yang berharga melalui mata kuliah Praktik Bank Syariah (PMBS). PMBS dirancang untuk memberikan kompetensi praktis kepada mahasiswa dalam mengelola pembiayaan dengan menggunakan dana dari laboratorium perbankan syariah yang ada di kampus.


Mata kuliah PMBS menjadi salah satu komponen penting dalam kurikulum program studi perbankan syariah. Setiap semester, mahasiswa bertanggung jawab atas pembiayaan yang diberikan secara nyata di pasar dan memastikan bahwa pembiayaan tersebut dilunasi pada tanggal jatuh tempo yang telah disepakati dengan nasabah yang mereka tentukan sendiri. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang nyata dalam mengelola pembiayaan sesuai dengan prinsip-prinsip perbankan syariah.


Muhtadin Amri, M.S.Ak., selaku Ketua Jurusan Perbankan Syariah, menjelaskan esensi dari mata kuliah ini: “PMBS adalah langkah penting dalam mempersiapkan mahasiswa kami untuk dunia nyata perbankan syariah. Mereka belajar bagaimana mengelola pembiayaan dengan berbagai akad yang berbeda, memahami risiko, dan menjalin hubungan profesional dengan nasabah.”
Kegiatan Praktik Mikro Bank Syariah dalam mata kuliah PMBS ini melibatkan mahasiswa dari semester 1 hingga semester 6, di mana setiap semester melibatkan akad pembiayaan yang berbeda, sesuai dengan tingkat kemampuan dan pemahaman mahasiswa. Berikut adalah rincian akad pembiayaan setiap semester:
• Semester 1: Murabahah
• Semester 2: Musyarakah
• Semester 3: Mudharabah
• Semester 4: IMBT bil Bai’
• Semester 5: IMBT bil Hibah
• Semester 6: Qardh
Mahasiswa aktif mencari nasabah yang memenuhi syarat untuk melakukan pembiayaan sesuai dengan akad yang berlaku pada setiap semester. Mereka juga bertanggung jawab memastikan bahwa pembiayaan tersebut dikelola dengan baik, sesuai dengan prinsip-prinsip perbankan syariah.
Selama proses pembiayaan, mahasiswa didukung oleh Laboratorium Mini Bank yang ada di FEBI IAIN Ponorogo. Ini memungkinkan mereka untuk mengalami proses perbankan secara nyata dan mengaplikasikan teori yang telah mereka pelajari dalam lingkungan praktis.
Mata kuliah PMBS adalah salah satu upaya FEBI IAIN Ponorogo untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional perbankan syariah yang berkualitas, yang mampu berkontribusi dalam pengembangan ekonomi berbasis syariah. Dengan pengalaman praktik yang diperoleh dalam PMBS, mahasiswa diharapkan dapat menjadi pemimpin masa depan dalam industri perbankan syariah yang berkembang pesat.


Mata kuliah PMBS ini bukan hanya tentang mengelola pembiayaan, tetapi juga mengenai mengembangkan sikap profesional, etika, dan keterampilan interpersonal yang dibutuhkan dalam industri perbankan. Mahasiswa juga diajarkan untuk mengelola risiko yang terkait dengan pembiayaan yang mereka kelola, sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang bijak dalam situasi nyata.
Selain itu, PMBS juga mendorong mahasiswa untuk berinteraksi dengan komunitas dan mencari nasabah potensial. Hal ini membantu mengembangkan keterampilan komunikasi dan membangun jaringan yang akan berguna dalam karier mereka di masa depan.
Dengan demikian, mata kuliah PMBS di FEBI IAIN Ponorogo bukan hanya pelatihan dalam pengelolaan pembiayaan, tetapi juga pembentukan karakter dan kemampuan yang diperlukan untuk sukses di dunia perbankan syariah. Mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang membawa nilai-nilai perbankan syariah ke masyarakat dan berkontribusi dalam perkembangan ekonomi yang berkelanjutan.
Kami berharap bahwa mata kuliah PMBS ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi mahasiswa, industri perbankan syariah, dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan demikian, kita dapat bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik dalam kerangka ekonomi berbasis syariah yang berkembang pesat.