Benchmarking Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo

Bagikan :

Senin, 14 Agustus 2023, jajaran pengelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (FEBI UIN Saizu) mengadakan kunjungan ke IAIN Ponorogo dalam rangka Benchmarking ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Rombongan Benchmarking FEBI UIN Saizu yang hadir terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, Koordinator Prodi, Kabag. Tata Usaha, Kepala Laboratorium, dan Tenaga Kependidikan Fakultas yang seluruhnya berjumlah 20 orang. Acara Benchmarking dimulai pukul 13.30 WIB, dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 1 FEBI IAIN Ponorogo. Benchmarking ini dimaksudkan sebagai kesempatan untuk sharing experiences antara FEBI IAIN Ponorogo dengan FEBI UIN Saizu terkait dua hal, yaitu Pengelolaan Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf dan Mekanisme Pengelolaan Dana Filantropi.

Acara Benchmarking diawali dengan sambutan oleh Dekan FEBI IAIN Ponorogo, Bapak Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. dan Dekan FEBI UIN Saizu, Bapak Dr. H. Jamal Abdul Azis, M.Ag. Acara Benchmarking dilanjutkan dengan pemaparan materi. Pemaparan materi Pengelolaan Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf disampaikan oleh Ketua Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Ibu Unun Roudlotul Janah, M.Ag. Dalam pemaparannya, beliau menyebutkan bahwa ke depannya Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf FEBI IAIN Ponorogo melalui Laboratorium ZISWAF berniat menyusun pilot project terkait endowment fund dari pengelolaan wakaf uang bermitra dengan Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI). Rencananya, endowment fund ini akan dikelola, salah satunya sebagai sumber pendanaan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa di IAIN Ponorogo.

Pemaparan materi kedua disampaikan oleh Ibu Hanik Fitriani, M.E.Sy. sebagai Pengelola Laboratorium ZISWAF. Beliau memaparkan terkait sejarah pembentukan dan program-program Laboratorium ZISWAF yang telah dilaksanakan hingga saat ini. Rombongan UIN Saizu sangat tertarik dengan keberadaan Laboratorium ZISWAF sehingga berencana untuk juga mengembangkan laboratorium serupa di institusinya. Acara Benchmarking diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama untuk antara FEBI IAIN Ponorogo dengan FEBI UIN Saizu dan penyerahan kenang-kenangan.(*)

Berita Terkait