Workshop Penulisan Artikel Scopus Kolaboratif Dosen FEBI Se-Jawa: Bukti Awal FEBI IAIN Ponorogo dalam Meningkatkan Kompetensi Akademik dan Menguatkan Kerjasama AFEBIS

Bagikan :

Solo, 10 Juli 2024 – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktivitas prestasi akademik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo menyelenggarakan workshop penulisan artikel Scopus kolaboratif dosen FEBI se-Jawa yang tergabung dalam AFEBIS (Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 8 hingga 10 Juli 2024, bertempat di Hotel Syariah Solo.

Acara ini dihadiri oleh 30 peserta dari dosen FEBI IAIN Ponorogo dan 21 peserta eksternal. Para peserta eksternal tersebut meliputi Dekan FEBI IAIN Madura, Prof. Dr. Zainal Abidin, M.E.I, beserta perwakilan dosen FEBI IAIN Madura, Dekan FEBI IAIN Kediri, Dr. H. Imam Annas Mushlihin, M.H.I, beserta perwakilan dari dosen FEBI IAIN Kediri, Dekan FEBI UIN Pekalongan, Prof. Dr. Shinta Dewi Rismawati, M.H, beserta perwakilan dosen FEBI UIN Pekalongan, serta perwakilan dosen dari FEBI UIN Surakarta, UIN Salatiga, IAIN Kudus, UIN Tulungagung, dan UIN Purwokerto. Narasumber utama dari kegiatan ini adalah Prof. Dr. Irwan Abdullah, yang merupakan Guru Besar Antropologi Universitas Gadjah Mada dan merupakan founder dari IA Scholar.

Workshop ini diadakan sebagai bagian dari upaya untuk mendorong dosen-dosen FEBI dalam menghasilkan karya ilmiah berkualitas yang dapat dipublikasikan di jurnal-jurnal bereputasi internasional. Melalui kolaborasi antar dosen, diharapkan dapat tercipta sinergi dan pertukaran pengetahuan yang konstruktif dalam penulisan artikel ilmiah.

Acara ini dibuka oleh Dekan FEBI IAIN Ponorogo, Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. yang menyampaikan pentingnya peningkatan kompetensi akademik dosen dalam menghadapi tantangan globalisasi dan persaingan di dunia akademik. “Workshop ini bukan hanya untuk meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah, tetapi juga untuk membangun jejaring dan kolaborasi antar dosen FEBI se-Jawa. Dengan demikian, kita dapat bersama-sama berkontribusi pada pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis Islam,” ujar beliau.

Selama workshop, peserta diberikan berbagai materi dan praktik penulisan artikel ilmiah oleh narasumber berpengalaman yang memiliki banyak publikasi di jurnal Scopus. Narasumber memberikan wawasan mendalam tentang teknik penulisan artikel ilmiah, strategi publikasi, serta kiat-kiat untuk menembus jurnal bereputasi intenasional. Prof. Dr. Irwan Abdullah juga turut mengikutsertakan tim dari IA Scholar untuk menjadi pendamping dan mentor bagi peserta dalam menulis artikel Scopus.

Peserta workshop berkesempatan untuk mengikuti sesi praktik penulisan dan review artikel secara langsung. Dalam sesi ini, mereka dibimbing untuk menyusun draft artikel, melakukan analisis data, hingga proses pemilihan jurnal Scopus yang baik. Kolaborasi antar dosen dari berbagai perguruan tinggi di Jawa ini diharapkan dapat menghasilkan artikel yang memiliki nilai akademik tinggi dan siap dipublikasikan.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi rencana tindak lanjut kegiatan workshop. Berakhirnya kegiatan workshop ini diharapkan bukan akhir dari semangat menulis artikel, tetapi ini merupakan langkah awal. Akhir kegiatan ini diharapkan peserta workshop dapat menyelesaikan artikel yang telah disusun selama tiga hari tersebut dan siap di submit ke jurnal internasional terindeks Scopus. Selain itu, demi mewujudkan kerjasama yang baik, maka artikel tersebut diharapkan dapat dikolaborasikan dengan dosen dari berbagai PTKIN yang terlibat dalam workshop ini. Selain itu, diharapkan kegiatan penulisan kolaboratif ini dapat dilaksanakan secara rutin oleh AFEBIS bukan hanya se-Jawa tetapi juga AFEBIS di Indonesia.

Berita Terkait