IAIN Ponorogo Jalin Kerja Sama Internasional dengan Universiti Geomatika Malaysia

Bagikan :

Malaysia, 06/07/2024 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo semakin mengukuhkan posisinya di kancah internasional dengan menjalin kerja sama strategis dengan Universiti Geomatika Malaysia. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini dilakukan antara Dekan FEBI IAIN Ponorogo, Prof. Dr. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag, didampingi Wadek 1 Dr. Aji Damanuri, M.E.I dan Prof. Datuk Sr. Dr. Mohaizi Muhammad dari Universiti Geomatika Malaysia.

MoU yang ditandatangani mencakup kerja sama dalam tiga pilar utama Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa poin penting dalam kesepakatan ini. Dalam bidang Pendidikan, kedua institusi akan mengembangkan program pertukaran mahasiswa dan dosen, baik untuk program studi sarjana maupun pascasarjana. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi akademik mahasiswa serta memperkuat jaringan akademisi antar negara. Dalam bidang penelitian, kerja sama dalam bidang penelitian akan difokuskan pada proyek-proyek kolaboratif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan. Kedua belah pihak berkomitmen untuk berbagi sumber daya, termasuk akses ke laboratorium, publikasi bersama, dan seminar internasional. Sedangkan program-program pengabdian kepada masyarakat akan dirancang secara bersama-sama untuk memberikan manfaat nyata bagi komunitas di kedua negara. Kegiatan seperti workshop, pelatihan, dan proyek-proyek sosial akan menjadi bagian dari agenda kerja sama ini.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag, menyatakan, “Kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi FEBI IAIN Ponorogo untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian kami. Dengan bekerja sama dengan Universiti Geomatika Malaysia, kami berharap dapat menciptakan sinergi yang kuat dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat.”

Sementara itu, Prof. Datuk Sr. Dr. Mohaizi Muhammad menyambut baik inisiatif ini. “Kami sangat antusias dengan peluang kerja sama ini. Universiti Geomatika Malaysia siap mendukung dan berbagi pengalaman dalam berbagai bidang akademik dan penelitian. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kedua institusi dan masyarakat luas.”

Kerja sama antara FEBI IAIN Ponorogo dan Universiti Geomatika Malaysia ini diharapkan akan membawa dampak positif yang signifikan, tidak hanya bagi kedua institusi, tetapi juga bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia dan Malaysia. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, kedua belah pihak optimis bahwa kerja sama ini akan menjadi model bagi kemitraan internasional lainnya di masa depan.Kedua institusi akan mengembangkan program pertukaran mahasiswa dan dosen, baik untuk program studi sarjana maupun pascasarjana. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi akademik mahasiswa serta memperkuat jaringan akademisi antar negara.

Berita Terkait