FEBI IAIN Ponorogo Lakukan Benchmarking dengan Berbagai FEBI se-Indonesia tentang Implementasi Kurikulum OBE

Bagikan :

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo melakukan kegiatan benchmarking dengan berbagai FEBI se-Indonesia mengenai implementasi Kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE). Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) mulai tanggal 2 hingga 5 Juli 2024 di PIH Batam.

Benchmarking ini dihadiri oleh para akademisi dari berbagai fakultas ekonomi dan bisnis Islam di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman, tantangan, serta strategi dalam menerapkan Kurikulum OBE yang saat ini menjadi standar internasional dalam pendidikan tinggi. Implementasi Kurikulum OBE diharapkan mampu meningkatkan kualitas lulusan dengan lebih menekankan pada hasil belajar dan kompetensi yang dicapai oleh mahasiswa.

Dekan FEBI IAIN Ponorogo, Prof. Dr. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag., dan Wakil Dekan 1, Dr. Aji Damanuri, hadir langsung dalam acara ini. Kehadiran mereka menjadi momen penting untuk berbagi pengalaman FEBI IAIN Ponorogo dalam mengimplementasikan Kurikulum OBE. Prof. Luthfi dalam sambutannya menyampaikan, “Kami merasa terhormat bisa berbagi pengalaman dengan rekan-rekan dari seluruh Indonesia. Implementasi Kurikulum OBE memang tidak mudah, namun dengan kerja sama dan saling berbagi, kita bisa mencapai standar pendidikan yang lebih baik.”

Selama kegiatan berlangsung, peserta benchmarking tidak hanya mendapatkan materi tentang teori dan konsep Kurikulum OBE, tetapi juga mengikuti diskusi dan sesi tanya jawab yang interaktif. Diskusi ini membahas berbagai aspek penting dalam penerapan Kurikulum OBE, seperti perancangan kurikulum, metode pembelajaran, penilaian, serta tantangan yang dihadapi dalam penerapannya di masing-masing institusi.

Wakil Dekan 1 FEBI IAIN Ponorogo, Dr. Aji Damanuri, menambahkan, “Melalui benchmarking ini, kami dapat belajar dari pengalaman institusi lain dan berbagi praktik terbaik yang telah kami terapkan di FEBI IAIN Ponorogo. Kami berharap, kegiatan ini dapat memperkuat jaringan antar fakultas ekonomi dan bisnis Islam serta mendorong inovasi dalam pendidikan.”

Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk membangun jejaring dan kolaborasi antara fakultas. Dengan adanya jejaring ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif dalam pengembangan kurikulum dan peningkatan kualitas pendidikan di masing-masing institusi.

Para peserta juga berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke beberapa institusi pendidikan di Batam yang telah berhasil menerapkan Kurikulum OBE dengan baik. Kunjungan ini memberikan wawasan praktis tentang bagaimana Kurikulum OBE dapat diterapkan secara efektif dan efisien di berbagai konteks pendidikan.

Dengan berakhirnya kegiatan benchmarking ini, diharapkan FEBI IAIN Ponorogo dan fakultas ekonomi dan bisnis Islam lainnya di Indonesia dapat terus berinovasi dan meningkatkan mutu pendidikan melalui implementasi Kurikulum OBE. Langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk mencetak lulusan yang kompeten, siap bersaing di dunia kerja, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat

Berita Terkait