Audit Mutu Internal: Langkah Strategis untuk Peningkatan Mutu Program Studi Perbankan Syariah

Bagikan :

Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) untuk Prodi Perbankan Syariah pada hari Rabu, 5 Juni 2024. Kegiatan ini melibatkan dua auditor internal berpengalaman, yaitu Bapak Dr. Iswahyudi, M.Ag. dan Bapak Syaiful Arif, M.Pd. Auditee dalam kegiatan penting ini adalah Ibu Husna Ni’matul Ulya, M.E.Sy. selaku Ketua Jurusan dan Ibu Ajeng Pipit Fitriani, M.S.A. selaku Sekretaris Jurusan. Selain itu, kegiatan audit ini juga dihadiri oleh Dekan FEBI, Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag., beserta seluruh jajaran dekanat FEBI.

Audit Mutu Internal (AMI) merupakan proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi yang bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan di Program Studi Perbankan Syariah telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan hasilnya memenuhi standar untuk mencapai tujuan institusi. Proses ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa sistem manajemen yang diterapkan oleh Prodi Auditee telah sesuai atau memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Proses audit dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB. Para auditor melakukan pemeriksaan mendetail terhadap berbagai aspek kegiatan di Jurusan Perbankan Syariah. Pemeriksaan meliputi penilaian terhadap dokumentasi, implementasi prosedur operasional, dan efektivitas sistem manajemen yang diterapkan. Selama audit berlangsung, auditor juga melakukan wawancara dan diskusi dengan pihak auditee untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai proses yang berjalan di jurusan tersebut.

Dekan FEBI, Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag., dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya kegiatan AMI sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan. Beliau menegaskan bahwa hasil audit ini akan menjadi dasar untuk perbaikan dan peningkatan kualitas di Program Studi Perbankan Syariah. “Kami berharap hasil dari Audit Mutu Internal ini dapat ditindaklanjuti dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) untuk kebaikan bersama, khususnya untuk peningkatan kualitas Program Studi Perbankan Syariah,” ujar Prof. Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.

Setelah semua agenda audit selesai, acara dilanjutkan dengan penyerahan berita acara oleh auditor kepada auditee. Penyerahan berita acara ini merupakan langkah penting sebagai dokumentasi resmi dari hasil audit yang telah dilakukan. Dalam penyerahan berita acara, Bapak Dr. Iswahyudi, M.Ag. mengapresiasi kesiapan dan kerjasama yang ditunjukkan oleh pihak Jurusan Perbankan Syariah selama proses audit berlangsung. Beliau juga menyampaikan beberapa rekomendasi perbaikan yang diharapkan dapat segera diimplementasikan untuk meningkatkan mutu jurusan.

Dengan terlaksananya Audit Mutu Internal ini, Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo kembali menegaskan komitmennya dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi melalui proses audit yang sistematik dan terdokumentasi. Diharapkan Program Studi Perbankan Syariah dapat terus meningkatkan mutu pelayanan pendidikan kepada mahasiswa serta memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan oleh institusi. Kegiatan AMI ini juga menjadi bukti bahwa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo selalu berusaha untuk transparan dan akuntabel dalam pengelolaan program studi.

Berita Terkait