Mubes Eksekutif Ormawa FEBI Dorong Sinergitas Ormawa Menuju 3A

Bagikan :

Pada tanggal 16 Mei 2024 pukul 09:00 WIB, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo mengadakan kegiatan Musyawarah Besar Eksekutif di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam lantai 3.

Kegiatan yang dilakukan setahun sekali saat pergantian kepengurusan ini dihadiri oleh beberapa Ormawa (Organisasi Mahasiswa) perwakilan pengurus HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan). Mulai dari jurusan Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Manajemen Zakat dan Wakaf. Kegiatan kepanitiaan ini sendiri dari DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa).

Kegiatan ini memiliki tema “Sinegritas Ormawa Eksekutif FEBI Demi Terciptanya Fakultas yang Agamis, Akademis, dan Aktivis”. Ketua DEMA FEBI IAIN Ponorogo menyampaikan makna dari tema ini. “Agar seluruh organisasi mahasiswa eksekutif di FEBI dapat saling bekerja sama dengan baik, menghilangkan ego sektoral, dan memprioritaskan kepentingan bersama demi kemajuan fakultas. Dengan tema ini, diharapkan seluruh program dan kegiatan organisasi mahasiswa selalu berlandaskan nilai-nilai keislaman, memperkuat identitas fakultas sebagai institusi yang agamis. Melalui sinergitas yang baik, organisasi mahasiswa dapat mengadakan program-program yang mendukung peningkatan prestasi akademis mahasiswa, seperti seminar, workshop, dan lomba akademis” jelasnya.


Musyawarah Besar ini dimulai dengan acara pembukaan. Diawali dengan membaca surah Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Syubbanul Wathon dan Mars IAIN yang dipimpin oleh Nabila Rossi Aura. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang dimulai dari Ketua Panitia Pelaksana Saudara Moch. Khoirul Fiqri, Ketua DEMA Saudara Yoga Adi Pratama, dan WADEK III Ibu Ridho Rokamah,M.Si yang sekaligus membuka acara. Dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh saudara Triyanto Romadhon. Kemudian dilanjutkan dengan Penutup yang ditutup oleh MC acara.

Setelah adanya pembukaan, selanjutnya penyampaian dan presentasi atas program kerja yang akan dilaksanakan pada periode kedepan. Penyampaian program kerja ini dipimpin oleh Nadia Octavia Nooriyanti yang bertugas sebagai moderator untuk memimpin jalannya acara. Kegiatan Musyawarah Besar ini selesai pada pukul 14.25 WIB dan ditutup dengan bacaan hamdalah serta foto bersama dengan DEMA dan Perwakilan Pengurus HMJ. Musyawarah besar ini bertujuan agar tercapai kesepakatan dan keputusan strategis yang dapat memandu langkah organisasi mahasiswa ke depan, memastikan setiap program kerja yang dirancang benar-benar efektif dan berdampak positif.


Dengan terselenggarakannya kegiatan ini, harapan untuk kegiatan musyawarah besar eksekutif ini agar rasa kepemilikan dan kebersamaan di antara mahasiswa dapat semakin terbangun, menciptakan lingkungan yang harmonis dan suportif di FEBI. Selain itu, kegiatan ini diharap dapat mendorong mahasiswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial, lingkungan, dan kemasyarakatan, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Berita Terkait