“Praktisi Mengajar” Kerjasama Jurusan Ekonomi Syariah dengan Bank Muamalat Ponorogo

Bagikan :

(Media Center dan Publikasi) – Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo menyelenggarakan kuliah tamu kerjasama dengan Bank Muamalat Ponorogo. Kuliah tamu dilaksanakan dua kali dengan peserta yang berbeda. Sesi pertama dilaksanakan tanggal 15 Februari 2023 dengan peserta seluruh mahasiswa semester 4, dilanjutkan dengan sesi kedua tanggal 20 Februari 2023 yang diikuti oleh mahasiswa semester 6.

Kedua sesi kuliah tamu diisi oleh Pandu Bagaskara, S.E. selaku Branch Manager Bank Muamalat Ponorogo. Materi kuliah tamu disesuaikan dengan mata kuliah semester 4 yaitu Manajemen Risiko dan Perekonomian Internasional bagi mahasiswa semester 6. Pemateri memiliki beberapa sertifikasi keahlian antara lain sertifikasi Manajemen Risiko tingkat II dan Global Association of Risk Proffesionals (GARP) sehingga sejalan dengan materi yang disampaikan. Kuliah tamu dimaksudkan untuk memberikan mahasiswa perspektif baru dan melengkapi materi yang telah diterima di kelas.

Materi Manajemen Risiko yang diterima mahasiswa semester 4 secara spesifik menjelaskan tentang jenis-jenis risiko serta regulasi manajemen risiko yang dihadapi oleh Lembaga Keuangan Syariah. Sedangkan mahasiswa semester 6 mendapatkan materi “Transaksi Keuangan Internasional” sebagai bagian dari mata kuliah Perekonomian Internasional. Beberapa transaksi keuangan internasional yang dijelaskan oleh pemateri meliputi Forex (Foreign Exchange) dan Remittance, serta penggunaan akad dan aplikasi dalam transaksi.

“Praktisi Mengajar” adalah bagian dari komitmen jurusan Ekonomi Syariah untuk melakukan sinergi antara teori yang diterima mahasiswa di kelas dan aplikasi dari teori yang diterapkan di lapangan. Sehingga mahasiswa mendapatkan pemahaman yang komprehensif dan bisa menjadi nilai tambah saat sudah lulus dari perkuliahan.

Berita Terkait