L-ZISWAF Berdayakan Masyarakat dengan Kambing

Spread the love

Pada hari Senin, tanggal 24 Oktober 2022 Laboratorium Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf (L-ZISWAF), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo menyerahkan zakat produktif hewan ternak di Kecamatan Sooko.

Penyerahan zakat produktif hewan ternak diserahkan di Masjid Baitur Rohman Dukuh Sooko, Desa Sooko, Kecamatan Sooko. Hewan ternak yang di zakatkan berupa 10 ekor kambing. Bapak Aji Damanuri, M.E. selaku perwakilan dari L-ZISWAF dalam sambutannya menjelaskan kenapa hewan ternak yang di zakatkan berupa kambing “Salah satu program L-ZISWAF yaitu pemberdayaan, salah satunya pemberdayaan kambing. Kenapa kambing, karena tergetnya adalah saat idul adha. Meskipun bukan saat idul adha, jika sudah waktunya dijual juga tidak apa-apa dijual” jelasnya.

Program ini sudah berjalan beberapa kali, dibantu oleh Bapak Maiful yang sudah berpengalaman dalam berternak kambing. Bapak Maiful Hadi menyampaikan kepada para warga penerima zakat, bahwa dalam budidaya kambing tidak perlu biaya perawatan yang mahal. “Pring (bambu) disekitar rumah dadapat dijadikan kandang. Rumput juga begitu, ada di dekat rumah”jelasnya

Bapak Maiful Hadi selaku pelaku budidaya hewan ternak kambing sudah lama berharap adanya program seperti ini, namun belum mendapat mitra kerja. “Sudah lama berharap ada program pemberdayaan seperti ini, tapi belum menemukan mitra. Semoga program ini menjadi berkah untuk kita semua” jelasnya

Setelah acara selesai dilanjut dengan penyerahan zakat hewan ternak kambing secara simbolik oleh Bapak Aji Damanuri dengan warga. Semoga program ini dapat terus berjalan dan memberi manfaat dalam memberdayakan masyarakat.

Author : Faezal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *