Kegiatan Perdana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk Alumni: Seminar Karir & Open Recruitment

Spread the love

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo menggelar Seminar Karir di Graha Watoe Dhakon, Kampus 1 IAIN Ponorogo, Kamis (18/8/22). Acara tersebut dihadiri oleh Warek III, Dekan FEBI, Wadek I, II, III, Kabbag dan jajaran petugas TU serta perwakilan dari PT. Permodalan Nasional Madani. Acara seminar karir ini mendatangkan alumni FEBI dari tahun 2015 hingga 2022 dan diikuti oleh mahasiswa aktif IAIN Ponorogo. Kegiatan ini juga menjadi salah satu forum ‘Temu Alumni’ yang dilanjutkan dengan ‘Seminar Karir dan Open Recruitment’. Acara ini dibuka oleh Bapak Prof. Dr. Aksin Wijaya, M.Ag selaku Wakil Rektor III dan penandatanganan MoU dengan PT. Permodalan Nasional Madani. Dalam sambutannya Bapak Prof. Dr. Aksin Wijaya, M.Ag., meminta izin untuk memberikan hantaran atau apresiasi tentang betapa pentingnya MOU atau kerjasama. Beliau menjelaskan bahwa manusia itu adalah makhluk sosial, makhluk yang pasti bekerjasama dengan melihat kualitas dari kedua dimensi yang dimiliki manusia. “Kualitas dari kedua dimensi pada manusia tidak sama. Ada manusia yang memiliki spiritualitasnya lebih tinggi daripada dimensi jasadiyahnya ada manusia yang dimensi atau kualitas jasadiyahnya lebih kuat daripada kualitas spiritualitasnya. Itu menurut Adiwarman. Ada manusia yang kedua dimensinya itu sama. Hal itu menunjukkan bahwa masing-masing orang itu mempunyai kelebihan dan mempunyai kekurangan. Kelebihan dan kekurangan itulah yang kemudian menuntut orang untuk saling bekerjasama dalam mencapai tujuan, Karena itulah para filsuf ilmu sosial itu menyebut manusia itu sebagai makhluk sosial, makhluk yang pasti bekerjasama,” jelas Bapak Prof. Dr. Aksin Wijaya, M.Ag.

Hal ini berhubungan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ibu Ridho Rokamah, M.S.I., selaku Wakil Dekan III, dimana dengan adanya ikatan alumni dapat menjadi jembatan penghubung antara alumni dan institusi, Beliau juga mengungkap bahwa kegiatan Temu Alumni ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. “Kegiatan ini merupakan ‘Temu alumni’ yang perdana dan sekaligus nanti dilanjutkan dengan ‘Seminar Karir’ dan juga ‘Open Recruitment’ pada hari ini bisa dilaksanakan. Jadi sebenarnya kegiatan Temu Alumni ini memiliki manfaat besar, terus terang bagi kami, bagi lembaga Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam dengan adanya ikatan alumni ini kemudian ada kegiatan Temu Alumni ini, bagi kami mempunyai dampak besar bagi kemajuan lembaga. Dengan adanya pertemuan ini, dengan adanya pengurus alumni ini nanti bisa memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam. Disamping itu dengan adanya ikatan alumni juga menjadi jembatan penghubung antara alumni dan institusi,” ungkapnya. Demikian juga yang disampaikan oleh Aji Binawan S.E., selaku Ketua IKA FEBI, dalam wawancaranya Beliau mengungkap bahwa alasan menghadiri acara ini dikarenakan, acara Temu Alumni FEBI merupakan acara pertama yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, oleh karena itu Beliau ingin terlibat di dalamnya. “Alasanya karena ini merupakan temu alumni FEBI yang pertama dan saya rasa nantinya forum alumni ini juga harus dihidupkan dari para alumni juga, maka dari itu saya juga ingi terlibat di dalamnya, yang jelas ini menjadi wadah potensial untuk menjalin komunikasi antara alumni dengan fakultas yang nantinya mampu berdampak positif bagi lembaga, alumni, dan masyarakat” ungkapnya.

Selain itu Aji Binawan S.E., juga memberikan tanggapan positif terkait acara Temu Alumni yang diadakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Beliau sangat mengapresiasi, karena acara tersebut mampu menjadi media silaturahmi dan komunikasi sesama alumni. “Terkait Temu Alumni yang jelas kita sangat mengapresiasi ya dari usaha fakultas untuk membuatkan forum alumni sehingga forum ini mampu menjadi media silaturahmi dan komunikasi sesama alumni. Selain itu, dikarenakan alumni FEBI yang masih terbilang sangat muda berbanding dengan fakuktas yang lain dan ini masih temu alumni yang pertama jadi masih banyak evaluasi yang harus dilakukan untuk temu alumni kedepannya,” ujarnya. Adapun Ibu Ridho Rokamah, M.S.I., berharap dengan adanya Temu Alumni dapat dibentuk lagi pengurus yang baru, dibentuk juga tim formatur, program kerja dan kegiatan sehingga nanti kedepan dari temen-temen alumni ada kegiatan yang saling berkesinambungan antara intitusi dengan alumni dan bisa terjalin komunikasi yang baik serta mempererat tali silaturahmi. “Saya berharap dengan adaya kegiatan ini bisa dibentuk lagi pengurus yang baru dan kemudian dibentuk juga tim formatur dan program kerja dan kegiatan sehingga nanti kedepan dari temen-temen alumni ada kegiaatan yang saling berkesinambungan antara intitusi dengan alumni dan bisa terjalin komunikasi yang baik serta mempererat tali silaturahmi,” harapnya. Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua IKA FEBI, Beliau berharap agar agar forum ini menjadi forum kita bersama untuk saling share informasi agar apa yang menjadi harapan fakultas dan alumni bisa tercapai. “Harapannya yang jelas agar forum ini menjadi forum kita bersama untuk saling share informasi agar apa yang menjadi harapan fakultas dan alumni bisa tercapai serta temu alumni kedepannya bisa lebih ramai” jelasnya.