Dukung Peningkatan Omzet UMK Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf FEBI IAIN Ponorogo Mengadakan Pelatihan Sertifikasi Produk Industri Rumah Tangga

Spread the love

Mahasiswa semester enam jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Mazawa FEBI) IAIN Ponorogo pada hari ini (16/6) mengadakan pelatihan Sertifikasi Produk Industri Rumah Tangga. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan praktikum pemberdayaan zakat produktif yang sudah dimulai sejak Maret lalu. Hadir sebagai pemateri, Wina, seorang pendamping UMKM yang banyak melakukan fasilitasi upgrading UKM di Kabupaten Ponorogo. Pelatihan yang dilangsungkan di Balai Desa Wates Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo ini, dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan Praktikum, Muhtadin Amri, M. S. Ak dan Nur Kasanah, M.E. hadir pula pendamping lokal desa, perangkat desa beserta warga penerima bantuan zakat produktif.

Munaji, selaku Kepala Desa Wates menyampaikan, acara ini diharapkan mampu menambah wawasan pelaku UMK di Desa Wates untuk bisa menaikkan omzet usaha sekaligus pengetahuan terkait sertifikasi produk industri rumah tangga. Hal senada juga disampaikan oleh Muhtadin Amri, harapannya program ini dapat berkelanjutan sehingga memberi manfaat optimal bagi pelaku UMK. Pelatihan hari ini terdiri dari empat sesi yakni sosialisasi sertifikasi BPOM, pembuatan P-IRT, labeling halal, sosialisasi kemasan dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Lebih lanjut, Wina, pemateri yang juga memiliki usaha Wina Bakery ini menjelaskan, kelengkapan sertifikat dan perijinan usaha ini jika dipenuhi oleh UMK akan menaikkan harga jual, daya saing juga prestise produk. Acara ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan koordinasi penyerahan alat produksi bagi pelaku UMK yang hadir sekaligus sebagai mustahik dari program praktikum pemberdayaan zakat produktif tahun 2022. (eNKa)