FEBI IAIN Ponorogo Studi Banding ke Lembaga Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Spread the love

Senin, 1 November 2021 Sehubungan dengan upaya peningkatan kapasitas tata kelola program studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo, tiga jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo mengadakan rangkaian Studi Banding. Terdiri dari Jurusan Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Manajemen Zakat dan Wakaf.

Tujuan Studi Banding kedua adalah ke Social Trust Fund yang merupakan lembaga non struktural di bawah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Studi Banding ke Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berkaitan dengan pengelolaan program dan riset filantropi.

Kedatangan rombongan FEBI IAIN Ponorogo disambut oleh Ibu Sri Hidayati selaku Direktur Program di Social Trust Fund, beberapa staf STF, dan juga Prof. Amelia Fauzia, Ph.D. selaku Direktur Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kegiatan diawali dengan pemberian sambutan, yang pertama yaitu sambutan Ibu Unun Roudlotul Janah, M.Ag., selaku Ketua Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf FEBI IAIN Ponorogo. Beliau menyampaikan bahwa tujuan kehadiran tim FEBI di STF adalah untuk belajar pengelolaan zakat dan Wakaf, karena FEBI sudah memiliki Laboratorium Ziswaf dan berharap dapat memperoleh ilmu baru untuk membantu mengembangkan Laboratorium Ziswaf dan meningkatkan minat mahasiswa kepada Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf.
Sambutan kedua dari pihak STF, diawali dengan pemutaran video profil STF. Social Trust Fund (STF) merupakan institusi non-struktural di bawah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang didirikan pada tahun 2012 berdasarkan SK Rektor Nomor Un.001/R/HK.00.5/47/2012 dan SK Kemenkuham Nomor AHU.-296.AH.01.04.Tahun 2013 (Yayasan Dana Sosial dan Kemanusiaan Syarif Hidayatullah). STF bekerja atas dasar non-profit, transparan, dan akuntabel. Beberapa program STF adalah Beasiswa, Dana Talangan, Charity Store, Edu Trip dan Bungkesmas.
Acara dilanjutkan dengan diskusi antara pihak STF bersama Prof. Amelia Fauzia, Ph.D. dengan FEBI IAIN Ponorogo, terkait pengelolaan zakat dan wakaf secara lebih detail.

Setelah diskusi, acara ditutup dengan penandatanganan MoU dengan Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Setelah diskusi, acara ditutup dengan penandatanganan MoU dengan Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta