Dosen FEBI IAIN Ponorogo Menghadiri Munas IV Asosiasi Dosen Ekonomi Syariah (ADESy) di UNIDA Gontor

Spread the love

Sabtu & Ahad 30&31 Oktober 2021 diselenggarakan Munas ke IV Asosiasi Dosen Ekonomi Syariah (ADESy). Bertempat di Hall Lantai 3 Gedung Utama Universitas Darussalam Gontor (UNIDA). Kegiatan Munas IV ADESy dimulai pada pukul 08.00. MUNAS IV dapat diikuti oleh peserta secara luring dan daring melalui Zoom. Dosen-dosen FEBI IAIN Ponorogo yang menghadiri kegiatan ini secara luring adalah Muchtim Humaidy, M. Irkh, Muhtadin Amri, M. S. Ak, Faruq Ahmad Futtaqi, ME, dan Dr. Amin Wahyudi, M.E.I. Rangkaian kegiatan hari pertama adalah Seminar, Laporan Pertanggungjawaban Pengurus 2016-20121.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang dibuka oleh MC lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Kemudian sambutan dari Rektor UNIDA Gontor yang diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Setiawan bin Lahuri, MA. Dalam sambutannya beliau menyoroti antrian jama’ah haji yang sangat panjang. Bahkan di Makassar hingga lebih dari 40 tahun. Acara selanjutnya adalah sambutan dari ketua ADESy yaitu Prof. Hilman Latief, Ph. D.Sambutan berikutnya disampaikan oleh Prof. Suyitno selaku Direktur DIKTIS Kemenag yang menjelaskan pentingnya peran dosen agar tidak hanya sebatas pada Tri darma perguruan tinggi saja tetapi juga pada area lain agar dosen bisa lebih bermanfaat bagi umat.

Setelah acara pembukaan acara dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Tantangan Masa Depan dan Rekognisi Dosen Ekonomi Syariah” dengan pembicara juga dari Prof. Hilman Latif, MA., Ph. D yang saat ini sedang menjabat sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI dan Dr. Syamsuri, M. Sh. yang saat ini menjabat sebagai ketua jurusan Hukum Ekonomi Islam UNIDA Gontor. Dalam kegiatan MUNAS ini, selain kegiatan seminar juga dilaporkan pertanggungjawaban pengurus perode lama dan pembentukan pengurus baru ADESy periode kepengurusan 2021-2024.

Semoga dengan keikutsertaan dosen-dosen di lingkungan civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo dapat memperluas relasi dan jaringan para dosen FEBI, sehingga bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di bidang
Ekonomi Syariah khususnya di FEBI yang dampaknya dapat dirasakan manfaatnya bagi umat.