Studi Banding Laboratorium FEBI IAIN Ponorogo ke Laboratorium Universitas Brawijaya dan Universitas Machung Malang

Spread the love

Rabu Kamis, 27 dan 28 Oktober 2021 empat Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo mengadakan rangkaian Studi Banding. Terdiri dari Laboratorium Ziswaf, Laboratorium Galeri Investasi, Laboratorium Kewirausahaan dan Laboratorium Perbankan Syariah.

Tujuan Studi Banding ke Bazis Universitas Brawijaya, BRI Danareksa Sekuritas, Lab oratorium Kewirausahaan Universitas Machung dan Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Studi Banding di Bazis Universitas Brawijaya disambut langsung oleh Ketua Bazis UB Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P. Dalam sambutannya beliau menyampaikan Bazis UB mempunyai banyak program terkait pengelolaan ZIS. Penghimpunan dana yang dilakukan Bazis UB mencapai 4 Milyar selama setahun. Sedangkan dalam penyaluran, Bazis UB setidaknya mempunyai belasan program pentasharufan. Mulai program sosial dan pemberdayaan lingkungan sampai dengan program beasiswa pada 300an mahasiswa per tahun. Setelah diskusi, acara ditutup dengan penandatangan MOU dengan Bazis UB.

Berikutnya, Studi Banding di Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya disambut oleh Ketua Laboratorium EI FIA Bapak Dr. Muhammad Faisal Riza, S.Sos, M.Si Beliau menyampaikan banyak Terima kasih atas kunjungan dari Laboratorium FEBI IAIN Ponorogo. Dalam diskusi yang berlangsung beliau menyampaikan Laboratorium Kewirausahaan FIA membranding dirinya dengan Enterpreneur Innovative Laboratorium (EiLab). Hal ini dimaksudkan untuk lebih mengenalkan Kewirausahaan FIA yang berfokus pada inovasi-inovasi enterpreneur mahasiswa. EiLab membentuk student committee yang berisi mahasiswa yang aktif dan konsen pada wirausaha. Selanjutnya, pada akhir sesi diskusi ditandatangani MOU antara FEBI IAIN Ponorogo dengan FIA Unibraw.

Studi Banding yang berlangsung di BRI Danareksa Sekuritas Malang sekaligus bersamaan dengan Studi Banding ke Laboratorium Kewirausahaan Universitas Machung. Dalam pemaparannya Agus Soenartono selaku Account executive BRI Danareksa Sekuritas menyampaikan bahwa perkembangan kerjasama BRI Danareksa Sekuritas dengan kampus cukup masif dilakukan. Banyak mahasiswa yang saat ini membuka akun melalui kerjasama antara Danareksa Sekuritas dengan Laboratorium Galeri Investasi. Selain pembukaan akun, BRI Danareksa Sekuritas juga menerima mahasiswa untuk melakukan penelitian dan praktik kerja lapangan.

Sedangkan, Studi Banding di Laboratorium Kewirausahaan Universitas Machung diterima oleh Dian Wijayanti, S.E.M.Sc. selaku ketua prodi akuntansi universitas Machung Malang . Di Universitas Machung, Kewirausahaan langsung terintegrasi dengan mata kuliah selama 4-6 semester di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mahasiswa dibantu sampai dengan pengurusan izin produk yang dihasilkan.

Kegiatan studi banding ini dilakukan sebagai wahana silaturahmi, brainstroming dan menambah wawasan tentang ilmu kelaboratoriuman untuk memajukan memajukan FEBI agar FEBIKU semakin HEBAT dan DAHSYAT,