Kuliah Tamu Manajemen Zakat dan Wakaf Bersama LAZ Yatim Mandiri dan BAZNAS Kabupaten Ponorogo

Pada Hari Jum’at, 01 Oktober 2021 Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo telah menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan Tema “Zakat Menuju Kebangkitan Umat”. Kuliah tamu tersebut membahas mengenai bagaimana kiprah lembaga zakat untuk tetap bergerak aktif bagi umat selama masa pandemi. Menghadirkan Branch Manager Yatim Mandiri Ponorogo, Bapak Supriyatno, S.Pd.I, M.Pd. dan Pimpinan BAZNAS Ponorogo, Bapak Dr. Muhamad Asvin A. R., M.Pd.I, sebagai narasumber utama, kuliah tamu tersebut mendapatkan sambutan yang sangat baik dari seluruh civitas akademik FEBI IAIN Ponorogo dengan dihadari lebih dari 200 peserta.
Acara dibuka pada pukul 08.00 dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh mahasiswa dari Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Ahmad Amirul Faiz. Dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FEBI IAIN Ponorogo, Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. yang menggarisbawahi pentingnya peran lembaga filantropi, utamanya lembaga zakat untuk membantu ekonomi masyarakat yang terpuruk selama masa pandemi.

Di awal kuliah tamu, Pipit Septiana, mahasiswa Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, selaku moderator membacakan tata tertib acara. Pemaparan pertama disampaikan oleh Bapak Supriyatno dari Yatim Mandiri Ponorogo. Beliau mengulas mengenai profil LAZ Yatim Mandiri dan potensi zakat di Indonesia. Kiprah Yatim Mandiri Ponorogo selama masa pandemi yang beliau kemukakan antara lain, yaitu: bantuan yatim akibat COVID-19, UMKM Bangkit (modal usaha dan pendampingan), layanan ambulans atau jenazah COVID-19, bantuan untuk nakes dan tabung oksigen, kolaborasi program (Ramadhan, kurban, kampung zakat, dll), kebutuhan hidup dasar, beasiswa pendidikan (SD, SMP, SMA, D1, S1), bantuan langsung mustahik, kemudahan berbagi via digital atau online, optimalisasi syiar dakwah via Youtube dan media sosial lain, bedah rumah, dan lain-lain. Selanjutnya, pemaparan kedua disampaikan oleh Bapak Asvin dari BAZNAS Ponorogo. Bapak Asvin menguraikan tentang regulasi zakat, badan amil zakat, dan profil BAZNAS Ponorogo. Lima program utama yang diusung oleh BAZNAS Ponorogo adalah Ponorogo Taqwa, Ponorogo Cerdas, Ponorogo Peduli, Ponorogo Makmur, dan Ponorogo Sehat.

Kuliah tamu ini terselenggara berkat kolaborasi kerjasama dengan LAZ Yatim Mandiri Kabupaten Ponorogo dan BAZNAS Kabupaten Ponorogo yang telah menjadi lembaga mitra Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo.

Ponorogo, Jumat, 01 Oktober 2021
Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf FEBI IAIN Ponorogo