Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo

Sebagai upaya untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja akademik pada unit pengelola program studi yang terintegrasi dengan standart ISO 9001:2015, pada hari ini Rabu, 28 Juli 2021 Audit Mutu Internal pada Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Ponorogo melakukan audit mutu internal. Acara tersebut berlangsung di aula lantai III gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Singkat acara pembukaan hari ini, tepat pukul 09.00 WIB acara secara resmi dibuka oleh bapak Ibnu Tahdam Saifullah selaku Kepala Bagian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dkemudian dilanjutkan sambutan dari dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yaitu Bapak Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag dan terakhir sambutan dari kepala pusat audit Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Bapak sofwan Hadi. Dalam sambutannya Bapak sofwan menjelaskan bahwa kegiatan audit ini dilakukan paling tidak satu tahun sekali kesemua unit yang ada di IAIN Ponorogo. Kegiatan ini bertujuan agar program studi ataupun dapat mengalami perbaikan mutu akademik dari waktu kewaktu. Hal ini penting dilakukan agar program studi lebih siap untuk di asesmen oleh BAN-PT untuk keperluan akreditasi ataupun nantinya juga mengikuti sertifikasi ISO 9001:2015.

Persiapan demi persiapan dilakukan oleh setiap jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dengan Auditee Dr. Luhur Prasetiyo, M.E.I untuk jurusan Ekonomi Syariah dan diauditori oleh Rif’ah Roihanah M.Kn dan Muhtadin Amri, M. S.Ak, untuk jurusan Perbankan Syariah Auditee oleh Dr. Aji Damanuri M.E.I dengan auditor Muh. Tasrif, M. Ag dan Khairil Umami, M. H.I dan terakhir untuk jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf auditee oleh Unun Roudhotul Jannah, M. Ag dan di auditori oleh Dr. Umi Rohmah, M. Pd.i dan Farida Sekti Pahlevi, M. Hum.

Lembaga Penjamin Mutu (LPM ) selama ini menjadi lembaga yang berperan dalam evaluasi mutu pada perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri sehingga tujuan yang ingin dicapai adalah memperoleh mutu yang berstandart baik dalam tingkatannya. Acara tersebut berjalan dengan lancar, semoga dengan adanya kegiatan audit mutu hari ini dapat menjadikan mutu akademik pada tiap unit IAIN ponorogo menjadi lebih baik. Hn’