Webinar Kuliah Tamu Jurusan Perbankan Syariah dengan Tema Service Exellent Bank Syariah (Pembukaan Rekening dan Pemasaran Produk Bank Syariah) Bersama Bank Syariah Mandiri KC. Ponorogo

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo menggelar webinar  kuliah tamu untuk kedua kalinya secara live via apikasi zoom pada hari Rabu, 22 Juli 2020 dengan tema Service Exellent Bank Syariah (Pembukaan Rekening dan Pemasaran Produk Bank Syariah). Dengan pemateri Arif Mufida (Micro Banking Manager Bank Syariah Mandiri KC. Ponorogo ) dan Zumrotul Qori’ah (Customer Service Bank Syariah Mandiri) dan di ikuti oleh mahasiswa perbankan syariah semester 3.

Acara ini  bertempat di ruang Webinar  gedung C Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam kampus II IAIN Ponorogo dimulai tepat pukul 09.00  dan dibuka oleh moderator Sefida Setia Handayani kelas Perbankan Sariah F. Diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh ketua jurusan Perbankan Syariah Bapak Agung Eka Purwana, dengan  membaca al-fatihah bersama kemudian beliau menjelaskan bahwa masa kuliah yang akan di mulai tanggal 19 Agustus 2020 perlu mempersiapkan diri lebih awal karena ada mata kuliah yang perlu dilanjut di semester berikutnya.  Webinar kali ini akan mengurai ilmu tentang produk-produk bank syariah dari Bank Syariah Mandiri dan  diharapkan mampu menjadi bekal dalam perkuliahan ke depan dan mendapat ilmu baru tentang pembukaan rekening secara online.

Dilanjut dengan pemateri pertama yaitu  Bapak Arif Mufida beliau menyampaikan tentang  prinsip pendanaan bank syariah  dengan akad mudharabah dan Wadi’ah, dalam mudharabah  ada istilah nisbah dan  bonus  sedangkan pada  bank konvensional  biasa disebut dengan istilah bunga begitu seterusnya beliau menyampaikan materi dengan serius dan diperhatikan oleh mahasiswa dengan antusias.

Materi kedua di sampaiakan  oleh Ibu Zumrotul Qoriah mengenai jenis tabungan yang pada Bank Mandiri Syariah. Ada dua jenis  akad yaitu mudharabah dan wadi’ah, dalam tabungan Mudharabah ada akad Mudharabah Mutlaqah dan dalam tabungan Wadi’ah  memakai akad  wadi’ah Yad adh-Dhamanah. Begitu seterusnya beliau melanjutkan dengan menjelaskan berbagai produk tabungan  dan produk unggulan yang ada di Bank Syariah Mandiri.

Acara terakhir adalah diskusi online dengan tanya jawab antara pemateri dan peserta webinar. Sesi Tanya jawab di ikuti dengan antusias oleh para peserta. Ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan dikolom chat zoom, dan  tampilan youtobe, moderatorpun menuntun jalannya diskusi dengan tertib dan lancar. Harapan mahasiswa dari acara ini adalah dapat menambah ilmu baru di dunia perbankan yang belum mereka dapatkan di bangku kuliah. (Hn’)