Workshop E-Learning Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo

Kampus II IAIN Ponorogo. Dalam rangka persiapan tahun ajaran akademik 2020/2021 LPM IAIN Ponorogo mengadakan pelatihan e-learning kepada jajaran dosen di lingkungan IAIN Ponorogo. Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali para dosen menggunakan pengajaran sistem daring selama masa pandemi virus corona. Pelatihan ini juga diharapkan dapat menyeragamkan media pembelajaran yang digunakan oleh para dosen di lingkungan IAIN Ponorogo. Selama 2 hari mulai tanggal 1-2 Juli 2020 pelatihan dilakukan di kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo. Sengaja pelatihan daring di FEBI IAIN Ponorogo dilakukan 2 gelombang sebagai wujud kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah.
Pelatihan hari pertama Rabu, 1 Juli 2020 dihadiri oleh 30 peserta pelatihan. Dalam pelatihan hari pertama menghadirkan narasumber Arif Rahman Hakim M.Pdi dan Edi Irawan M.Pd dari unsur LPM IAIN Ponorogo. Acara dimulai dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelatihan pembelajaran media daring ini dilakukan sebagai persiapan tahun ajaran baru akademik 2020/2021, sebagaimana keputusan yang diambil oleh pemerintah dan diteruskan oleh IAIN Ponorogo. Menurutnya pandemi virus corona merupakan alasan utama penggunaan sistem pembelajaran media daring. Selain itu, pelatihan juga dimaksudkan untuk standarisasi media pembelajaran daring di 4 Fakultas yang ada di lingkungan IAIN Ponorogo. Melihat pada semester sebelumnya bahwa penggunaan media daring yang bermacam-macam menyebabkan kesulitan pada mahasiswa. Mulai dari keluhan sinyal, kebutuhan kuota yang besar sampai dengan penggunaan platform yang berbeda-beda antar dosen.

Edi Irawan M.Pd dalam pengantarnya juga menyampaikan hasil survei yang dilakukan menunjukkan bahwa dosen di lingkungan IAIN Ponorogo setidaknya menggunakan 24 model platform mengajar. Beberapa kendala yang dihadapi adalah tidak semua mahasiswa mempunyai akses internet yang lancar dan penggunaan paket yang boros. Lebih lanjut Edi Irawan menyampaikan media e-learning yang digunakan dalam pelatihan ini telah mengintegrasikan seluruh model pembelajaran via daring dengan ukuran yang ringan dan hemat kuota.
Pelatihan secara teknis dipandu oleh Arif Rahman Hakim M.Pdi mulai dari pukul 08.00-15.00. Isi materi pelatihan mulai dari pembuatan akun e-learning, mengisi silabus daring, merancang pertemuan daring, membuat soal daring, skoring penilaian mahasiswa sampai dengan pelaksanaan UTS dan UAS secara daring. Di sela-sela acara juga dibuka sesi tanya jawab dan diskusi terkait cara penggunaan e-learning IAIN Ponorogo. Semangat peserta pelatihan terlihat jelas dengan perhatian serius dan hidupnya suasana saat pelatihan. Keseluruhan acara dihari pertama berjalan lancar dan semua dosen mengikuti dengan sangat antusias. (Uki’)